Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Wednesday 22 February 2017

Langkah-Langkah Install Sublime Text di Linux Mint 18

Langkah-Langkah Install Sublime Text di Linux Mint 18







Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sobat, gimana kabaranya ? Sehat ? Alhamdulillah saya juga. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial install Sublime text di Linux Mint 18.

PENGERTIAN

Sublime Text merupakan sebuah text editor yang digunakan oleh para programer atau web designer untuk menuliskan atau mendesign program tersebut. Sublime Text memiliki tampilan yang khas dan juga mempunyai banyak bahasa pemrograman.


LATAR BELAKANG

Sublime Text adalah teks editor berbasis Python yang elegan, kaya akan fitur, cross-platform, mudah dan simpel yang cukup terkenal di kalangan pengembang, penulis dan desainer dalam sistem operasi open source. Sublime Text Editor dirilis pertama kali tanggal 18 januari 2008 dan sekarang versi Sublime Text Editor sudah mencapai versi 3 yang dirilis pada tanggal 29 januari 2013.
  
    Sublime Text mendukung operation system seperti Linux, Mac Os X, dan juga windows. Sangat Banyak fitur yang tersedia pada Sublime Text Editor diantarnya minimap, membuka script secara side by side, bracket highlight sehingga tidak bingung mencari pasangannya, kode snippets, drag and drop direktori ke sidebar terasa mirip dengan TextMate untuk Mac OS.


MAKSUD & TUJUAN


Memudahkan kita dalam menuliskan bahasa pemrograman, karena sublime text support dengan berbagai macam bahasa pemrograman.


ALAT & BAHAN

  • PC/Laptop
  • OS Linux Mint 18
  • Koneksi Internet

LANGKAH KERJA

Pada dasarnya ada beberapa cara dalam menginstall software sublime text. Disini saya akan menjelaskan install sublime text di linux mint 18.

  • Pertama masuk ke terminal, kemudian masuklah sebagai super user root.

  • Selanjutnya update dan upgrade repository untuk versi yang terbaru. Tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya mengupdate dan mengupgrade repository membutuhkan waktu yang lumayan lama tergantung reponya pernah di update atau belum.


  • Selanjutnya install sublime text dengan cara masukkan perintah berikut.



  • Tunggu proses instalasinya selesai. Kemudian kita buka aplikasi tersebut dengan cara "Klik Menu" Cari di tombol pencarian Sublime Text.

  • Nah jika berhasil hasilnya seperti atas. Silahkan mencoba dan berkarya.










Nah itu dulu dari saya. Semoga bermanfaat.
Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.














No comments:

Post a Comment

Adbox