Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Thursday 23 February 2017

Menggambarkan Flowchart Membuat Kopi

FLOWCHART Membuat KOPI


http://afaizin913.blogspot.co.id/


PENGERTIAN

Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut. Flowchart juga dapat membantu seseorang dalam mengatur alur  atau jalannya sebuah pekerjaan, jadi bisa untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Flowchart biasanya digambar dalam bentuk bangun datar, contohnya seperti gambar di atas. Gambar di atas menunjukkan bahwa sebuah pekerjaan itu dimulai dari awal (start) hingga akhir (end). Dan di dalamnya terdapat proses atau cara-cara untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Biasanya flowchart di bentukdengan bentuk yang sederhana tapi juga bisa dipahami oleh manusia Jadi intinya flowchart itu sebuah diagram untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam menyelesaikan sebuah masalah yang terjadi di dalamnya. Dan dalam flowchart bahasa yang kita gunakan harus jelas dan tidak campur-campur, misalnya awalannya kita gunakan kata "Start" tapi pas di tengahnya atau di akhirannya kita gunakan bahasa Indonesia ini tidak boleh karena dapat membingungkan sistem komputer.


LATAR BELAKANG 

Adapun latar belakang saya belajar flowchart karena sebelum mengerjakan sesuatu untuk dibutuhkan sebuah rencana dan rencana tersebut dibuat dalam bentuk diagram agar mudah dipahami dan dimengerti oleh manusia. Karena flowchart sendiri merupakan bahasa program jadi jika kita ingin membuat flowchart dibuat yang sesederhana mungkin dan bisa dipahami oleh manusia.


ALAT & BAHAN

  • Laptop/PC
  • Aplikasi pembuat flowchart

MAKSUD & TUJUAN

Untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah yang terjadi disebuah sistem. Karena sistem itu rumit jadi dibuatnya flowchart untuk mengatasi hal tersebut.



LANGKAH KERJA

Pertama kita tentukan jobsheetnya terlebih dahulu. Misalnya mau bikin apa atau mau mengerjakan apa, contoh : Cara membuat secangkir kopi hangat. Di dalam flowchart awalan atau mulai (start) itu digunakan bangun datar bentuk oval. Jadi cara penulisannya seperti ini.

http://afaizin913.blogspot.co.id


Setelah jobsheetnya sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah pemasukan atau input yang dibutuhkan itu apa saja. Di dalam flowchart, input atau pemasukkan digambarkan dengan bentuk persegi. Contoh berikut :

Alat & Bahan : -Kopi
                         -Gula
                         -Air panas
                         -Cangkir
                         -Sendok

http://afaizin913.blogspot.co.id

Kemudian langkah selanjutnya yaitu proses. Di dalam flowchart cara menggambarkan sebuah proses yaitu dengan belah ketupat/jajar genjang. Di dalam itu terdapat berisi proses-proses yang dikerjakan di dalam sebuah pekerjaan. Misalnya dalam pembuatan kopi tersebut kita memasukkan kopi dan gula ke dalam cangkir, kemudian kita masukkan air panas dan diaduk dengan sendok hingga gula tersebut larut. Contoh penulisannya sebagai berikut.

http://afaizin913.blogspot.co.id

Setelah itu langkah terakhir yaitu penyelesaian. Di dalam flowchart penyelesaian atau finish digambarkan dengan oval seperti awalan. Jadi di dalam flowchart awal dan selesai/start dan finish di gambarkan dalam bentuk yang sama.

http://afaizin913.blogspot.co.id



Setelah itu gabungkan gambar-gambar tersebut untuk menjadi sebuah proses yang nyata, dari awal hingga selesai dengan cara menambahkan simbol panah yang berfungsi untuk menunjukkan langkah-langkah setelahnya/langkah selanjutnya itu kemana dan bagaimana. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh berikut ini.






KESIMPULAN

Kita sering kali kesusahan dalam menyusun sebuah cara atau rencana. Di dalam sebuah program dibutuhkan namanya syntax atau perintah agar program itu dapat bekerja. Syntax - syntax tersebut harus jelas dan dapat dibaca oleh program tersebut. Maka dalam membuat sebuah flowchart itu dibutuhkan bahasa yang jelas agar mudah dipahami oleh komputer maupun manusia.


Mungkin itu saja dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Kurang lebihnya mohon maaf.
Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Referensi




No comments:

Post a Comment

Adbox