Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Thursday 13 April 2017

Pengenalan Database Server Dan Hubungan Antara Client Side Dan Server Side

Assalamualaikum Wr. Wb.




PENGERTIAN DATABASE

Adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

ISTILAH DALAM DATABASE


Table
Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam
baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang
spesifik dan unik.
Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data
tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.
Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.
Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel.
Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key,
Foreign Key, Composite Key, dll.
SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang
digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.

CLIENT SIDE PROGRAMING

Client side programming di sini maksudnya adalah bahasa pemrograman apa saja yang berjalan di sisi klien. Klien disini tentu saja adalah web web browser. Bahasa yang digunakan di sini adalah html, css, dan javascript. Perlu diperhatikan bahwa javascript walaupun memang berjalan di sisi klien, tapi sekarang juga bisa berjalan di sisi server dengan menggunakan nodejs. Saya tidak akan membahas tentang nodejs disini. Oya, client side programming di sini juga biasa dikenal dengan istilah frontend programming. Kenapa disebut frontend? Karena kode yang kita buat akan menghasilkan tampilan/halaman web. Analoginya seperti sebuah casing telepon seluler dan komponen elektronik didalamnya, client side programming ini adalah bagian casing.

SERVER SIDE PROGRAMING


Server side programming di sini berarti bahasa pemrograman yang berjalan disisi server. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan, salah satunya adalah PHP. Selain PHP, ada Java, ASP, Ruby, python, perl, go, dll. Bagian ini sering juga disebut backend programming. Ibarat komponen elektronik pada telepon seluler, backend dev ini mirip seperti komponen elektronik. Bagian ini bertugas untuk memproses data yang telah dimasukkan oleh user yang kemudian nanti akan diolah lebih lanjut.

HUBUNGAN CLIENT SIDE & SERVER SIDE



Setelah tahu perbedaan antara client side dan server side programming, selanjutnya adalah kita harus tahu hubungan antar keduanya. Hubungan antara keduanya digambarkan seperti gambar berikut.
Browser mengirimkan request ke server. Dari request tersebut, server akan mengembalikan respon. Konsep secara umum seperti itu. Jika ingin lebih tahu lebih dalam tentang konsep ini, silahkan cari info lebih lanjut tentang http request. Gunakan pencarian di google image untuk mendapatkan info mengenai detail tentang http request dalam bentuk gambar agar mudah dipahami.
 

Referensi

No comments:

Post a Comment

Adbox