Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Saturday 1 April 2017

Pengertian Dan Pemahaman Tentang Komputer

Assalamualaikum Wr. Wb.



Halo Kawan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pemahaman komputer yang sesunggunya. 

PENGERTIAN

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

LATAR BELAKANG

Terciptanya komputer diawali dari perkembangan alat hitung angka. Dalam hal perkembangan komputer kita tidak bisa lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah sempoa yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di bagian Asia kecil dan sampai saat ini masih digunakan di beberapa tempat. Penemuan ini dapat dianggap sebagai awal mula terciptanya mesin komputer.
Pada tahun 1642 Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang dipakai pada kantor ayahnya di Rouen Perancis. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawanya sukses pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).

Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan sumbangan besar untuk perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau berencana untuk membuat mesin untuk memproses dengan menggunakan punch card dan mesin ini digunakan pada tahun 1910. Pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of Sperry and Corporation.
Pada tahun 1963, Leibniz menciptakan mesin hitung yang bisa digunakan untuk menghitung operasi pertambahan dan perkalian. Pada Tahun 1975 Joseph Mario Jacuard, merancang metode penggunaan lubang-lubang pada card yang berguna untuk mengotrol pada mesin penenun tekstil.

Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy membuat meisn hitung yang dapat berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan serta penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis. Pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, computer ini disebut Mark I. Kemudian Mark I tidak digunakan setelah munculnya komputer elektronik yang otomatis yang disebut Eniac yang dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :

– Generasi I (tahun 1946-1959)
– Generasi II (tahun 1959-1965)
– Generasi III (tahun 1965-1970)
– Generasi IV (sejak 1970 – 1980)
– Generasi V (1980 – sekarang dalam tahap perkembangan)


FUNGSI & KEGUNAAN

Sebagai sarana komunikasi
Dahulu untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh, digunakan metode surat menyurat, telegram hingga hubungan telepon. Kini dengan memanfaatkan fungsi komputer sebagai sarana komunikasi maka kita bisa berbicara dengan rekan atau kerabat kita sambil menatap langsung menggunakan teknologi kamera yang disebut Webcam. Tidak hanya itu, kita juga dapat bercakap-cakap menggunakan kata-kata saja (chatting), mengirimkan surat (e-mail) sekaligus mengirim file dalam bentuk gambar, suara atau yang lainnya dalam bentuk data.


Sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan
Jauh sebelum terciptanya komputer dengan keyboardnya, orang mengetik surat menggunakan mesin tik dan apabila terdapat kesalahan maka kertas yang digunakan untuk mengetik akan dibuang, tidak bisa digunakan kembali sementara dengan menggunakan komputer, kesalahan-kesalahan kecil dapat kita hapus dan ketik ulang sehingga bisa di edit hingga beberapa kalipun tanpa terlihat bekas kesalahannya.


Sebagai alat hiburan
Apabila dulu hiburan kita hanya terbatas pada televisi, tape dan radio maka kini komputer dapat menggantikan seluruh fungsi alat-alat tadi secara keseluruhan hanya dengan satu perangkat saja. Bukan hanya itu, kita dapat bermain menggunakan komputer melalui berbagai aplikasi permainan yang ada. Fasilitas yang komputer berikan pada kita antara lain:

Komputer dalam bentuk tablet PC sebagai sarana hiburan
Salah satu fungsi komputer dalam bentuk tablet PC adalah sebagai sarana hiburan


Memutar lagu melalui music player, CDVD bahkan melalui internet
Menonton film lewat fitur media player, CDVD atau streaming video melalui internet
Bermain game menggunakan aplikasi atau lewat internet
Berkomunikasi dengan teman melalui fasilitas social media di internet atau aplikasi chatting
Menonton TV menggunakan TV Receiver untuk komputer atau Online Channel di internet
Sebagai sarana pendidikan
Fungsi komputer lainnya adalah sebagai alat untuk membantu fasilitas pendidikan melalui media internet . Selain itu melalui komputer kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan lainnya seperti:

Proses pemasangan (install) aplikasi. Dari proses itu kita dapat belajar cara memasang program pada komputer sekaligus mengetahui cara menggunakan serta memperbaiki masalah pada program tersebut memlaui fitur Tutorial atau Help
Beberapa aplikasi dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa hal seperti aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw pada bidang grafis. Power Point untuk aplikasi di bidang presentasi. Autocad sebagai program untuk membantu dalam hal arsitektur. MySQL di bidang programming dan masih banyak lagi.
Selain dari aplikasi, kita juga dapat menambah wawasan melalui media internet. Beragam ilmu dapat kita pelajari seperti Ekonomi, Poilitik, Sains, Sejarah, Agama, Matematika dan lain sebagainya.
Sebagai sarana usaha
online shopping sudah semakin lumrah sekarang ini
Online Shopping sudah semakin lumrah sekarang ini


Metode usaha dapat menggunakan apa saja termasuk komputer salah satunya. Komputer dapat disewakan (rental komputer), dijadikan warnet, usaha percetakan, mengedit video dan gambar, desain grafis untuk periklanan, install dan service software (perangkat lunak), pembuatan website, kursus komputer dan masih banyak lagi sarana usaha lainnya

Sebagai sarana pengendali (controlling)
Pada beberapa instansi besar seperti perhotelan, pabrik, televisi dan banyak jenis perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan satu atau beberapa system seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi elevator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendalian jaringan, control mekanisme pabrik dan lain-lain.

Sebagai sarana informasi
Berbagai informasi yang sifatnya umum dapat kita temukan juga disini seperti:

Informasi kesehatan berupa tips medis, tempat pengobatan
Informasi produk untuk mencari tahu lebih jelas tentang produk yang kita inginkan
Informasi perjalanan seperti tips travelling, informasi tiket, tempat wisata
Informasi pekerjaan bagi yang sedang mencari lowongan kerja, peluang usaha atau cara-cara menyelesaikan suatu pekerjaan
Informasi hiburan misalnya download game, film, mencari tempat hiburan
Informasi cuaca berupa keadaan cuaca di suatu tempat
Informasi politik untuk mengetahui kejadian yang berhubungan dengan situasi Negara dan pemerintahan
Itulah beberapa fungsi komputer yang dapat kita nikmati. Tapi bukan berarti komputer merupakan media tak bercacat cela. Selain fungsi-fungsi positif di atas, terdapat banyak sisi negative yang ditimbulkan oleh komputer dan kebanyakan dari sisi negative ini dihasilkan oleh penggunanya. Hal-hal negative berpotensi dihasilkan antara lain:

Akibat fasilitas hiburannya, banyak orang yang meninggalkan aktifitas wajib mereka seperti bekerja, belajar dan lain-lainnya

Situs porno diketahui sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi dalam perbuatan-perbuatan amoral

Penipuan dalam bisnis online, scam atau membuat website palsu untuk mendapatkan email serta password orang lain (metode fishing)

Munculnya hacker yang memiliki keahlian untuk mengambil data seseorang seperti login data, kartu kredit hingga merusak situs atau system orang lain

efek positif atau negatif komputer kembali lagi pada diri kita sendiri
Efek positif atau negatif komputer kembali lagi pada diri kita sendiri

Di luar baik atau buruknya fungsi komputer, semua itu kembali lagi ke pemakainya apakah hendak menggunakan komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan dan melakukan hal-hal positif atau malah sebaliknya. Karena segala sesuatu yang baik apabila digyunakan dengan cara yang salah akan menjadi tidak baik pada akhirnya.


Nah mungkin itu sedikit tentang pengertian dan pemahaman tentang komputer. Jadi jangan salah lagi perbedaan antara komputer dengan pacul ya :v

Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Referensi




2 comments:

  1. Makasih untuk pembahasan artikelnya ya.
    Dapet wawasan baru nih :)

    Kunjungan balik ke blog saya ya, bisa liat di sini https://agrestips.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Sangat jelas sekali memberikan pemahaman kepada saya, disini ada tips dan review serta tutorial lengkap tentang android Enterpedia

    ReplyDelete

Adbox