Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Tuesday 11 April 2017

Pengertian & Fungsi CMS

Assalamualaikum Wr. Wb


Pengertian CMS(Content Management System)

CMS(Content Management System) adalah aplikasi web yg berisikan template untuk mengelola isi halaman web. penggunaan content management system tidak memerlukan pengetahuan pemrograman web yg handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly.

Tujuan menggunakan CMS(Content Management System)

CMS bertujuan memberikan kemudahan kepada penulis untuk mengelola informasi yg ada di sebuah server tanpa harus tahu sebelumnya tentang segala hal yg bersifat teknis. dengan berbagai keunggulan yg dimiliki, CMS memungkinkan penulis untuk dapat mengubah tampilan situs (warna, huruf, gambar, dll) tanpa harus mengubah isi/ konten/ berita/ teks yg ada di dalamnya.

Manfaat menggunakan CMS(Content Management System)

Managemen data: merupakan fungsi utama CMS, semua data/ informasi baik yg telah ditampilkan atupun yg belum dapat diorganisasikan dan disimpan secara baik. sewaktu-waktu data/ informasi dapat digunakan kembali sesuai kebutuhan.
Mengatur siklus hidup server: banyak CMS memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk mengelola bagian atau isi mana saja yg akan ditampilkan masa/ waktu penampilan dan lokasi penampilan di server.
Mendukung web templating dan standarisasi: setiap halaman server yg dihasilkan berasal dari template yg terlebih dahulu disediakan oleh CMS.
Personalisasi server: setelah sebuah isi ditempatkan kedalam CMS, isi tersebut dapat ditampilkan sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya.
Sindikasi: memberikan kemungkinan kepada semua server membagi isinya pada server-server lain.
Akuntabilitas: mendukung alur kerja dan hak akses yg jelas kepada para penggunanya, data/ informasi yg disampaikan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.

Keuntungan menggunakan CMS(Content Management System)

Mengelola konten lebih mudah
Level akses user
Konten dan Desain Terpisah
Lebih mudah untuk SEO
Pengembangan dengan extension dan plugin
menghemat waktu dan biaya pembuatan
Fungsi CMS(Content Management System)

Mengelola website pribadi
Mengelola website perusahaan/ bisnis
Portal atau website komunitas
Galeri foto, dan lain sebagainya
Forum
Aplikasi E-commerce


Mungkinitu dari saya kurang lebihnya mohon maaf.

Syukron

Wasssalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Adbox