Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Thursday 25 May 2017

Pengertian Routing

Assalamualaikum 



PENGERTIAN

Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya.

PEMBAHASAN

Konsep dasar routing
Bahwa dalam jaringan WAN kita sering mengenal yang namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) sebagai alamat sehingga pengiriman paket data dapat sampai ke alamat yang dituju (host tujuan). TCP/IP membagi tugas masing-masingmulai dari penerimaan paket data sampai pengiriman paket data dalam sistem sehingga jika terjadi permasalahan dalam pengiriman paket data dapat dipecahkan dengan baik. Berdasarkan pengiriman paket data routing dibedakan menjadi routing lansung dan routing tidak langsung.

Routing langsung merupakan sebuah pengalamatan secara langsung menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain. Contoh: sebuah komputer dengan alamat 192.168.2.2 mengirimkan data ke komputer dengan alamat 192.168.2.3

Routing tidak langsung merupakan sebuah pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat hort tujuan. (contoh: komputer dengan alamat 192.168.2.2 mengirim data ke komputer dengan alamat 192.168.2.3, akan tetapi sebelum menuju ke komputer dengan alamat 192.168.2.3, data dikirim terlebih dahulu melalui host dengan alamat 192.168.2.5 kemudian dilanjutkan ke alamat host tujuan.

Jenis Konfigurasi Routing

Minimal Routing merupakan proses routing sederhana dan biasanya hanya pemakaian lokal saja.

Static Routing, dibangun pada jaringan yang memiliki banyak gateway. jenis ini hanya memungkinkan untuk jaringan kecil dan stabil.


Dinamic Routing, biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute. Dinamic routing memerlukan routing protocol untuk membuat tabel routing yang dapat memakan resource komputer.


Sekian Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Adbox